5 Ciri-Ciri Wanita Siap Berumah Tangga Dilihat Dari Perilakunya

Menikah adalah komitmen seumur hidup yang membutuhkan tidak hanya kematangan fisik namun juga kematangan mental yang dalam. Maka, banyak pasangan dewasa ini merasa takut untuk memulai komitmen pernikahan karena merasa belum memiliki kesiapan mental mumpuni. Namun, bagi kaum hawa, sebenarnya ada beberapa ciri wanita siap menikah yang bisa dijadikan parameter kesiapan.

Daftar Ciri-Ciri Wanita Siap Berumah Tangga

1. Memiliki Rasa Kasih Sayang ke Anak-Anak

Jika Anda sebagai seorang pria sedang merencanakan untuk serius ke jenjang pernikahan, Anda harus memastikan bahwa calon mempelai wanita memiliki sifat satu ini, yakni kasih sayang. Pasalnya, ternyata tidak semua wanita dewasa senang dan sayang dengan anak kecil. Padahal, salah satu niat dalam pernikahan adalah agar mendapatkan keturunan.

Tentu saja Anda menginginkan sosok seorang calon ibu bagi anak-anak nantinya. Maka pilihlah wanita yang memiliki rasa sayang terhadap anak-anak.

2. Lebih Matang Perasaannya

Jangan hanya memandang wanita dari penampilan fisiknya saja, namun lihat pula cara ia mengatur emosinya. Wanita yang matang secara emosi akan lebih mampu mengontrol emosi dan tidak mudah tersulut oleh hal yang sepele. Ia akan terus berkembang perasaannya agar tampil sebagai pribadi yang lebih kuat dan kokoh.

Oleh karena itu lihatlah dari bagaimana wanita tersebut berperilaku kesehariannya terutama ketika dihadapkan pada suatu masalah. Apakah sang wanita lebih mampu mengatur emosi dan mencari solusi yang tepat, atau ia justru tersulut emosinya. Jadi, sudah saatnya Anda untuk memilih wanita yang sudah siap berumah tangga dengan melihat kematangan perasaannya.

3. Bijaksana dalam Mengelola Keuangan

Rumah tangga bisa diibaratkan seperti sebuah perusahaan kecil yang mana akan selalu ada pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan. Istri pada umumnya akan berkedudukan sebagai pengatur dan pengelola keuangan dalam rumah tangga. Oleh karena itu sangat penting untuk mencari pasangan yang memiliki kemampuan baik dalam mengatur pemasukan serta pengeluaran.

Anda juga bisa melihat apakah sang calon istri sudah merencanakan berinvestasi sejak jauh – jauh hari. Wanita yang sudah memikirkan rencana berinvestasi adalah wanita yang berpikir sangat jauh ke depan.

4. Sudah Siap Secara Mental

Kesiapan mental dari seorang wanita yang sudah siap untuk membina rumah tangga bisa dilihat dari tiga hal. Tiga hal ini dirumuskan dari peneliti di Emory University yang mengatakan bahwa wanita siap menikah apabila memiliki tiga karakteristik. Karakteristik pertama yakni selera humornya dengan pasangan sama atau setidaknya bisa saling menerima selera humor masing-masing.

Karakteristik kedua yakni wanita tersebut mau untuk menghabiskan waktu dengan pasangannya. Karakteristik ketiga yakni wanita tersebut mau menerima hal-hal yang tidak terduga sebelumnya ada pada pasangannya. Apabila ketiga hal ini sudah dimiliki oleh seorang wanita, maka hampir bisa disimpulkan  bahwa ia sudah siap secara mentalnya.

5. Wanita Tersebut Tak Mau Pacaran

Anda harus memastikan sebelumnya siapa yang dicari wanita tersebut. Apakah wanita tersebut masih memprioritaskan hal-hal terkait bersenang-senang atau sekedar memiliki kekasih sementara atau sudah siap untuk menjalin hubungan yang serius. Sangat penting untuk memiliki pendamping hati yang memang sudah berkeinginan kuat untuk membina rumah tangga dan bukan karena faktor dipaksa.

Pastikan bahwa calon istri Anda memiliki karakteristik di atas. Mempunyai ciri-ciri di atas dapat membantu Anda menilai apakah calon mempelai adalah wanita yang sudah matang atau tidak. Tentunya Anda ingin membina hubungan yang stabil dan saling pengertian. Oleh karena itu pastikan bahwa sang calon pasangan telah siap secara mentalnya.