Dibalik Keampuhan Pelet Semar

Sudah berabad-abad lamanya tanah Jawa mengenal keampuhan Pelet Semar. Memang, mustahil bila Anda yang sedang mencari sarana pengasihan sampai belum pernah mendengar nama Semar disebutkan. Semar, atau yang juga disebut sebagai Sang Hyang Tunggal, Ismaya hingga Ki Badranaya ini memang dikenal sebagai sumber berbagai ilmu pelet dan ilmu pengasihan ampuh.

Termasuk dalam deretan ilmu pelet atau ilmu pengasihan tersebut adalah Pelet Semar Kuning, Pelet Semar Mesem dan Pelet Semar Kuncung. Meski sudah ratusan tahun lamanya, gaung keampuhan aji-aji pemikat tersebut tidak pernah berkurang.

Sebenarnya, mengapa Pelet Semar sangat melegenda?

pelet-semarWajar saja bila mengingat sosok Semar yang merupakan penasehat para raja tanah Jawa. Semar yang meski perawakan dan penampilannya sederhana, tetapi mampu  memancarkan kharisma dan daya tarik yang membuat siapapun lekas mengasihinya. Pitutur Semar bukan sekedar soal kebijaksanaan, tetapi juga soal pesona.

Semar memiliki perawakan yang sebenarnya tidaklah sempurna atau sangat istimewa di mata awam manusia. Tingginya tidak seberapa, dengan ukuran tubuh yang mungkin terlalu gembul untuk tinggi badannya. Kepalanya berjambul kuncung, tangan kanan terangkat ke atas sedangkan tangan kirinya terlipat di belakang punggung.

Dari penggambaran sosok Semar inilah muncul filosofi sangkan-paran. Sangkan artinya asal, sedangkan paran berarti tujuan. Tangan Semar yang menunjuk ke atas memiliki makna bahwa segala cinta kasih berasal dari Tuhan. Sedangkan tangan kirinya yang berada di balik punggung memiliki makna bahwa seorang manusia tidak boleh melupakan jati diri dan darimana ia berasal.

Kehidupan Semar tidak lepas dari kharisma dan kewibawaannya sebagai seorang penasehat raja. Tidak lepas juga dari urusan pengasihan dan asmara. Konon, seulas senyuman Semar saja bisa meluluhkan hati orang yang menatapnya. Dari sini muncullah amalan Ilmu Pelet Semar Mesem (Semar Tersenyum).

Nama Semar sendiri memiliki asal-usul yang tidak terlepas dari urusan asmara. Banyak ahli spiritual meyakini bahwa nama Semar mengandung arti ‘samar-samar’. Seperti halnya cinta, yang bisa dirasakan meskipun wujudnya tidak bisa dilihat secara nyata.

-ds-

Incoming search terms: