Ini Dia Cara Berkenalan Dengan Orang Baru Agar Berkesan Baik

Bagi Anda yang setiap harinya sering keluar rumah, pasti pernah mengalami ketertarikan kepada orang lain yang tidak kenal. Entah itu di restoran, kantor, komunitas, dan lain-lain. Kebanyakan orang memilih untuk melewatkannya, namun jika Anda benar-benar merasa menyukai ‘orang asing’ tersebut apa yang harus dilakukan? Kami akan membantu Anda membuat kesan pertama yang baik, dengan cara kenalan yang tepat.

5 Cara Kenalan yang Tepat dengan Orang Baru

Ketika Anda memutuskan untuk berkenalan dengan seseorang, tentu Anda harus membangun kedekatan dalam obrolan yang dibuat. Ada banyak manfaat dan hal positif yang bisa didapatkan jika Anda sudah berani memulai berkenalan dengan orang baru, agar tidak mempermalukan diri sendiri yuk simak beberapa tips di bawah ini:

1. Kumpulkan Rasa Percaya Diri

Hal pertama yang harus terbendung dalam diri Anda, yaitu rasa percaya diri yang akan menjadi kekuatan terbesar dalam diri. Buktikan bahwa Anda adalah orang yang berani dan asik, tidak ada salahnya jika Anda memerlukan waktu lebih lama untuk mengumpulkan keberania tersebut. Jika sudah punya keberanian yang besar, lanjutkan dengan melakukan cara berikutnya.

2. Jangan Terlalu Percaya Diri

Jika tadi Anda diharuskan untuk mempunyai keberanian dan percaya diri yang tinggi, namun jangan terlalu kelewatan ya. Over confident atau rasa percaya diri berlebih, bisa membuat lawan bicara Anda menjadi tidak nyaman, apalagi jika berbicara dengan orang baru. Pastikan saja Anda tidak terlalu banyak bicara melebihi lawan biacara, dan jangan menceritakan terlalu banyak kelebihan diri sendiri.

3. Mulai Obrolan Ringan

Cara berkenalan dengan orang baru selanjutnya, yaitu memulai pembicaraan dengan obrolan ringan. Bisa memulai dengan “cuacanya panas sekali ya” atau “tadi pagi macetnya lebih lama di pertigaan sebelah”. Sebaiknya jangan bertanya ke arah privasi lawan bicara seperti pekerjaan, alamat rumah, apalagi langsung bertanya tentang pasangan, sudah dipastikan lawan bicara akan sangat risih.

4. Pakai Teori Bawang

Ilmu komunikasi mengajarkan teori bawang sebagai analogi saat Anda berkenalan dengan seseorang. Bawang memiliki beberapa lapisan, yaitu informasi lapisan terluar yang bisa dibagikan kepada setiap orang, tengah yang tidak semua orang bisa mendapat informasi ini, dan lapisan terdalam yang dibagikan hanya kepada orang terdekat saja.

Anda pun harus pandai membaca situasi, kira-kira pertanyaan mana saja yang masuk ke dalam kategori lapisan terluar. Tidak semua orang bisa nyaman dengan pertanyaan “kerjanya dimana?”, lebih baik buka obrolan dengan hal yang lebih umum saja.

5. Jalin Kedekatan

Seiring berjalannya waktu, Anda akan memasuki lapisan tengah teori bawang. Jika sudah begitu, Anda harus mejaga dan menjalin kedekatan agar semakin progresif. Carilah suatu hal yang disukai oleh bersama, biasanya cara ini sangat ampuh untuk tetap menjaga kedekatan.

Anda juga bisa memberi petanyaan dan pernyataan, untuk memancing agar lebih banyak pecakapan. Hal ini juga berlalu dalam cara berkenalan lewat chat, agar obrolan menjadi semakin panjang dan terasa dekat.

Jika baru mengawali perkenalan, bicarakanlah mengenai diri sendiri secukupnya agar tidak dianggap terlalu percaya diri. Hentikan bila lawan biacara sudah menunjukan tampang tidak nyaman, karena Anda hanya akan dianggap sebagai pengganggu. Berkenalan dengan orang baru apalagi orang yang Anda sukai memang tidak mudah, namun Anda harus melewati proses itu agar kenalan jadi sukses.